-

Friday, May 17, 2013

Cara Menghentikan Tracking Stat, Pageview Sendiri Pada Blogger

Blogger menyediakan tracking statistik untuk melacak jumlah pengungjung yang berkunjung ke blog kita. Tracker tersebut, menjadi salah satu andalan blogger sebagai sebuah platform gratsan, namun mendukung, lumayan komplit mulai dari situs perujuk hingga daftar kata kunci yang masuk. Tracker statistik seperti ini tidak dimiliki oleh platform gratisan lain, kalaupun ada tak akan sedetail itu. Namun, ada sebuah kekurangan yang dimiliki oleh tracker bawaan blogger, yaitu statistik menampilkan pageviews setiap halaman dibuka. Trackert stattistik blogger tidak mendukung uniqe view, artinya akan terus bertambah setiap kali membuka halaman, walaupun berulang ulang.

Cara Menghentikan Tracking Stat, Pageview sendiri.
Setelah kita mengetahui kekurangan tracker pengunjung bawaan blogger. Tentu saja, kita sebagai admin blog yang seringkali mengecek postingan hasil buatan kita yang beru saja terpublish, menjadikan statistik tidak valid. sebab, bisa saja kita membuka halaman lebih dari 10 kali, nah itu akan sangat berpengaruh terhadap statistik, terlihat banyak namun ternyata hanya sedikit orang yang berkunjung. Nah untuk mengatasi hal tersebut, dan agar lebih mudah menganalisis dan menghitung statistik jumlah visitornya, ada baiknya kita hentikan tracking stat untuk kunjungan kita sendiri .



Nah, Bagaimana caranya ?
Kita bisa menghentikan tracking stat kunjungan sebagai admin dengan cara mengatur pada tampilan statistik. Berikut langkah-langkahnya :

  • Login ke akun blogger dan pilih salah satu dashboard blog yang ingin Anda atur statistiknya
  • Pilih Stats >> overview

  • Pada pilihan tersebut akan tampil ikhtisar statistik bulanan, nah pada keterangan samping grafik akan ada jumlah kunjungan mulai dari hari, kemarin, bulan lalu, dan seluh waktu. Diopsi paling bawah ada link option bertulis "dont track ownpages" klik pilihan tersebut. Maka akan muncul pop up window baru

  • Pilih opsi "Dont track my pageviews" dan klik save
  • selesai

Dengan cara tersebut blogger tidak akan menghitung jumlah kunjungan kita sendiri ke blog kita, dengan begitu statistik yang tertampil akan lebih real atau valid karena kunungan kita tidak lagi dihitung, meskikpun sebenarnya statistik tersebut juga belum valid.

4 comments:

Thanks banget infonya sangat bermanfaat, awalnya saya kira kunjungan sendiri tidak dihitung, ternyata dihitung sama google analytic. Sekarang tau deh caranya supaya tidak dihitung, pokoknya thanks banget infonya, berkunjung ya gan ke blog saya www.blogdimasanggayuda.blogspot.com

mantap gan
kunjung balik y http://infogadogadoo.blogspot.co.id/

mantap gan kunbalnya ya hehe www.kalemaja.com

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More