-

Saturday, May 25, 2013

Jaringan 4G baru Bisa Diterapkan Tahun 2018 Di Indonesia

Jaringan 4G di Indonesia - Internet menjadi sebuah kebutuhan penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan saat ini. Entah untuk sekadar chatting, browsing, atau bahkan sudah menjadi tuntuan pekerjaan. Untuk meningkatkan kecepatan internet, berbagai pihak terus bereksperimen dengan teknologi. Dan akhirnya kini teknologi internet sudah sampai pada kasta 4G atau LTE. di berbagai negara maju sudah mulai mengembangkan teknologi internet yang paling cepat dan hemat ini.

4g LTE,jaringan 4g LTE indonesia,teknologi,teknologi 4G di Indonesia

Lantas, bagaimana dengan Indonesia ?
Di Indonesia, tampaknya kita harus bersabar untuk merasakan teknologi 4G, pasalnya urusan 3,5G saja saat ini belum beres. Kementrian Komunikasi dan Informasi merilis pernyataan bahwa Indonesia baru akan mengadopsi teknologi 4G pada tahun 2018. Dikutip dari Antara, kemenkominfo bersama Asosiasi GSM berkomitmen menggunakan frekuensi 700 MHz untuk 4G LTE tersebut. Padahal saat ini, frekuensi tersebut masih digunakan untuk TV analog. sehingga, pemanfaatan 4G LTE baru akan dimulai setelah digitalisasi televisi selesai. Kominfo memperkirakan proses perpindahan dari TV analog ke TV digital baru bisa rampung paling cepat tahun 2017, jadi Pemerintah dan operator seluler bisa mengelar 4G LTE setelah tahun 2018.

Penggunaan frekuensi 700 MHz ini merupakan saran dari International Telecomunication Union. keuntungan yang diperoleh jika menggunakan teknologi 4G LTE adalah pengurangan gangguan sinyal,hemat biaya peralatan, dan mampu menjangkau wilayah yang lebih luas serta hanya membutuhkan sedikit pemancar.

3 comments:

boro-boro mau 4G , kenyataan banyak daerah di indonesia belum mengenal apa itu internet. Tapi saya tetep mendukung semoga ini cepat terlaksana

Mudah mudahan segera dibuat jaringan 4G, kebetulan saya udah punya smartphone yang mempunyai jaringan 4G
kalau buat pedesaan yang masih belun bisa menggunakan jaringan 3G, langsung aja dibuatb4G. Jangan 3G lagi donkk

tempat saya masih 2G aja nih :(

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More